Slider

Sejarah Gravitasi dan Pengertiannya



Mungkin banyak dari kita yang sering bertanya-tanya , setiap kita terjatuh mengapa pasti selalu ke bawah, tidak ke atas ataupun kea rah yang lainnya. Semua itu karena adanya gaya gravitasi di bumi kita, bayangkan jika di bumi kita tidak ada gaya gravitasi, pasti akan kacau bukan?. Maka kali ini Mr.Greget akan menjelaskan tentang gaya gravitasi.
Sejarah singkat ditemukannya ilmu gaya gravitasi dimulai pada bebrapa percobaan Galileo di tahun 1590-an yang menyadarkannya bahwa benda bergerak kalau ada gaya yang berkerja padanya, tetapi dia tidak mengetahui apa gaya itu. Masalah itu akhirnya dapat diselesaikan oleh Isaac Newton. Diceritakan pada suatu hari ia sedang duduk di kebun buah ketika ada sebuah apel jatuh di tanah. Dia menyadari bahwa Bumi pasti menarik apel tadi kea rah bumi. Akhirnya ia berpikir mengenai benda-benda lain di alam semesta, dan di memperkirakan bahwa semuanya tarik-menarik dengan semacam gaya, gravitasi. Sehingga gravitasi dapat diartikan sebagai gaya yang menyebabkan Bulan tetap berada dalam orbitnya dan menyebabkan kita berada di permukaan Bumi. Gravitasi menyebabkan kita mempunyai berat. Kita semua mempunyai massa-semakin banyak materi yang menyusun kita, semakin besar massa kita.
Penelitian Newton menunjukkan bahwa bila kalian bergerak menjauhi BUmi, gaya gravitasi perlahan-lahan menjadi semakin lemah. Hal ini karena tarikan gravitasi antara dua benda tergantung pada seberapa jauh jarak antara keduanya. Kenyataannya, gravitasi berkurang dengan besaran kuadrat bila kalian melipatgandakan jarak, gaya tarik-menarik di aantara keduanya seperempat gaya semula.
Gaya gravitasi dapat dilambangkan dengan F, sehingga dituliskan dalam rumus
 
G melambangkan angka khusus yang disebut konstanta gravitasi.
Gaya tarik-menarik gravitasi juga dipengaruhi oleh massa Bulan hanya seperenam dari massa Bumi, gaya tarik gravitasi hanya seperenam dari gravitasi di Bumi. Maka kalian dapat melompat setinggi 6m di Bulan.
Menurut teori Albert Einstein, yaitu Teori Relativitas Umum. Menurut teori ini, tenaga gravitasi tidak berbeda dari tipe tenaga lain yang kita amati di Bumi. Einstein mengatakan bahwa ruang yang amat luas, tempat bintang dan planet berada, tidak ada yang sama di mana pun. Di suatu tempat di sekitar bintang dengan massa yang amat besar, ruang sebenarnya melengkung, dan inilah yang menyebabkan gravitasi. Misalnya, matahari melengkungkan ruang di sekitarnya dan memaksa Bumi bergerak mengikuti jalur melengkung. 

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar